banner image

Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula

Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula

Hai Semuanya, ngomongin fotografi, ya akhir-akhir ini ane sempet dibuat gondok sama orang yang sok-sok'an beli kamera DSLR dengan harga selangit tapi nggak tahu cara pake yang bener, jepret sana, jepret sini, kemana-mana dikalungin dileher, bawa temen-temen cewe nya buat dijadiin model (modus). 

Yah walaupun itu semua hak-hak dia, tapi bawaanya kesel gitu liat orang-orang yang model begini, nah kali ini ane bakal share beberapa Kesalahan-Kesalahan Pemula dalam Dunia Fotografi.

1. Penggunaan Flash/Bleach/Strobis atau apalah namanya yang Kurang Tepat

Penggunaan Flash Kurang Tepat

Foto dengan Flash = Tidak Natural, setidaknya banyak yang berfikir begitu, tapi sebenarnya, flash akan lebih berguna jika digunakan dengan benar, flash juga dapat menambah detil-detil foto jika digunakan dengan benar, jangan menggunakan flash menggunakan mode Auto, jangan menggunakan flash disaat pencahayaan cukup bagus, jangan menggunakan flash untuk objek yang jauh, penggunaan flash untuk fotografi sehari-hari adalah disaat memotret objek yang benar benar minim cahaya.
2. Salah Seting ISO

Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula

ISO atau biasa dikenal dengan sensitifitas cahaya, ini adalah salah satu faktor yang penting dalam fotografi, semakin kecil ISO, semakin rendah cahaya yang ditangkap tapi semakin sedikit juga Noise, semakin tinggi ISO cahaya yang ditangkap semakin banyak, dan Noise juga akan semakin terlihat, jadi kesimpulanya ISO Rendah digunakan disaat pencahayaan memadai sedang ISO tinggi digunakan saat Pencahayaan yang kurang. Solusi paling tepat adalah menggunakan Auto ISO.

3. Manual/Auto Focus?
Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula
Manual atau Autofocus? ini tergantung sama keahlian sih, kalo ane sih lebih suka main di Manual, soalnya suka #salahfokus kameranya, kalau make Autofokus, yah tetep pake Autofokus kalo momen moment tertentu semisal selfie atau dimana disaat ane nggak bisa liat viewfinder/live viewnya.

4. Lupa Membuka Penutup Lensa

Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula

Pas awal-awal pake SLR dulu ane sering lupa buka Penutup Lensa, dan ane kira SLR yang dipake itu rusak, eh ternyata penutup lensanya belum dicopot, walaupun ini termasuk sepele tapi hal ini sering dilakukan oleh fotografer pemula
5. Manual Mode, Pelajari dulu deh...

Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula
 
Jika kalian memutuskan untuk menggunakan Mode manual, sebaiknya kalian pelajari dulu basic-basicnya, seperti Shutterspeed, ISO, WB, Fstop, dll. Jika kalian asal-asalan pake mode manual, ya gambar yang dihasilkan mungkin nggak sesuai keinginan.

6. Lupa Charging Baterai


Inget bro, kamera digital pake baterai, jangan lupa untuk ngecharge baterai kameramu setiap saat, jadi pas kamu mendadak butuh kameramu untuk jepret-jepret, nggak akan kehabisan baterai ditengah jalan deh.
Mungkin itulah beberapa kesalahan-kesalahan fotografer pemula kaya ane yang sering ane jumpain dan alamin, jangan mudah menyerah bro, terus pelajari dunia fotografi karena satu foto akan menceritakan seribu kata.
Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula Kesalahan-Kesalahan Fotografer Pemula Reviewed by Listian Prihutama on Thursday, July 02, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.